Yuk, Mari Makan Ikan Bersama Gemarikan

Semua tahu bahwa ikan adalah salah satu jenis makanan dengan kandungan protein paling tinggi. Namun terkadang masih ada saja ada yang enggan memakan ikan, dengan alasan sepele, bau amis.

Padahal ikan laut berbagai jenis, menyediakan protein hewani berkualitas tinggi. Satu porsi 3 ons ikan tuna saja mengandung 22 gram protein, ikan salmon 3 ons mengandung 19 gram protein.

Ikan laut umumnya mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, ikan memiliki kandungan lemak dan kolesterol lebih rendah dibanding daging sapi atau daging kambing. Lalu kenapa harus enggan memakannya?

Nah, tergerak oleh masih rendahnnya kebiasaan bangsa Indonesia untuk mengonsumsi ikan itulah, Ketua Umum (Ketum) Jalasenastri Ny. Endah Ade Supandi selaku Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah (YHT), menggelar kampanye makan ikan bersama.

Kampanye yang kreatif ini mengusung slogan Gemarikan alias Gerakan Memasyarakatkan Gemar Makan Ikan.

Untuk menyosialisasikan gerakan ini, Ibu Endah memimpin langsung makan ikan serentak bersama keluarga besar Yayasan Hang Tuah, Kamis (11/1/2018). Kegiatan ini dilaksanakan di SMA Hang Tuah 1, Perak Barat, Krembangan, Surabaya.

Kegiatan makan ikan serentak ini melibatkan kurang lebih 31.000 peserta dari seluruh Indonesia, terdiri dari siswa-siswi Satdik TK, SD, SMP, SMA, SMK, guru, personel TNI AL, ibu-ibu Jalasenastri, instansi dan masyarakat umum setempat.

Makan ikan bersama ini merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-71 Yayasan Hang Tuah secara terpusat di Jakarta dan Surabaya.

Secara serentak, kegiatan ini dilaksanakan di 38 wilayah satuan pendidikan di bawah Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) maupun lingkungan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) yang tersebar di seluruh Indonesia. Kegiatan itupun ditampilkan melalui video teleconference.

Endah Ade Supandi berpesan kepada seluruh siswa Hang Tuah agar belajar sebaik-baiknya supaya dapat meraih prestasi setinggi-tingginya. “Salah satu cara adalah dengan gemar makan ikan, karena ikan mengandung nutrisi yang sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan,” ujar Ibu Endah.

Endah juga berpesan agar tetap semangat menanamkan karakter bahari sebagai ciri khas Satuan Pendidikan Hang Tuah. Hal itu ia tekankan kepada seluruh peserta didik dan pendidik di sekolah.

Sementara Ketua Umum Yayasan Hang Tuah Laksda (Pur) Amri Husaini selaku pemimpin YHT menyampaikan, bahwa siswa-siswi Satuan Pendidikan Yayasan Hang Tuah bisa menjadi pelopor gerakan Gemarikan.

 

Teks: beny adrian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s