Kepala Bakamla Minta Personel Rawat Sarana Monitoring dan Surveillance 

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Ari Soedewo, mendorong semangat para personel daerah untuk mewujudkan cita-cita membangun pengawasan laut. Pada kesempatan tatap muka tersebut, satu per satu personel daerah bersalaman dengan pimpinan tertinggi Bakamla di Hotel All Season, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Ada hal khusus yang disampaikan Laksdya Ari, merujuk tugas personel di Zona Kamla, SPKKL dan dermaga.

Kepala Bakamla berharap para personel dapat memfungsikan, menjaga, dan merawat sarana monitoring dan surveillance di masing-masing stasiun dan dermaga yang diawakinya, sehingga Barang Milik Negara (BMN) khususnya yang berbasis teknologi dapat bermanfaat sesuai maksud keberadaannya.

Momen khusus itu berlangsung dalam Focus Group Discussion (FGD) tentang Optimalisasi Sistem Integrator Bakamla Integrated Information System (BIIS) Guna membangun sinergitas.

Sebelumnya Laksdya Ari pada sesi pembukaan mengatakan, meskipun Bakamla baru berusia tiga tahun, namun semangat yang diusungnya sudah berusia 45 tahun ke belakang.

“Saat ini teknologi bukan barang mewah lagi, apalagi untuk mendukung tugas Bakamla RI dalam menjaga keamanan, keselamatan, dan pelestarian laut,” ujar Ari.

Bakamla terus menggali cara agar memiliki kemandirian dalam pengawasan berbasis teknologi yang bisa menyatukan tugas patroli dengan teknologi pengawasan. Harapannya agar bisa memanfaatkan kemampuan sendiri, melalui karya anak bangsa yang tidak berbasis asing untuk mengawasi dan menjaga laut Indonesia.

Untuk mewujudkannya, Bakamla menggandeng Telkom Indonesia.

Salsabil mengatakan Telkom turut serta bersama Bakamla membangun cita-cita pengawasan, patroli, dan sinergi melalui infrastruktur sistem informasi yang dimiliki. Dikatakan bahwa Telkom bersama unsur-unsur pemerintah menjalankan tugas dalam hal dukungan terkait permasalahan IT dengan memanfaatkan teknologi yang dimilikinya.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: