Tak Hanya Bagikan Sembako, Kopassus Bersihkan Rumah Warga Korban Gempa Lebak

0

Setelah mendengar kabar terjadinya gempa di Kabupaten Lebak Banten yang merusak puluhan rumah penduduk dan fasilitas umum (23/1/2018), Grup 1 Kopassus di Serang langsung gerak cepat membantu warga Desa Sawarna Kabupaten Lebak.

Kasiter Grup 1 Kopassus Mayor Inf Usman menjelaskan, kurang dari dua menit setelah gempa, Komandan Grup 1 Kopassus Kolonel Inf Yuri Elias Mamahi langsung mengalarmkan seluruh prajurit Grup 1 yang berada dibasis agar segera berkumpul di lapangan hijau dan menyiapkan seluruh perlengkapan yang diperlukan untuk membantu korban gempa di wilayah selatan Kabupaten Lebak.

Kopassus menerjunkan 57 anggota untuk membantu dan mendampingi masyarakat Desa Sawarna. Selain mengirimkan prajurit, Kopassus juga memberikan bantuan berupa sembako yang terdiri dari 500 kg beras, 50 kg telur, dan 50 dus mie instan.

Sembako diberikan secara merata kepada warga di dua desa Sawarna Induk dan Sawarna Timur.

”Semua yang terkena dampak kita bagi hingga merata,” jelas Mayor Usman.

Grup 1 Kopassus membagikan sembako kepada warga korban gempa Lebak. Foto: Pen Kopassus

Anggota baret merah juga turut membantu membersihkan puing-puing reruntuhan rumah.

”Kami di sini sudah dua hari dan terus menyisir desa-desa untuk membersihkan puing-puing rumah masyarakat di Lebak Banten, desa Sawarna kecamatan Baya.”

Menurut Mayor Usman, hingga saat ini prajurit Kopassus yang terjun ke desa di wilayah Lebak masih melakukan pembersihan dan membantu memperbaiki rumah penduduk yang rusak di Kampung Pojok Asem, Kampung Sawah, Kampung Lebak Pete di Desa Sawarna Kecamatan Bayah.

Data terakhir yang berhasil dikumpulkan, terdapat 88 rumah rusak akibat gempa, yang terdiri dari 11 rumah mengalami rusak berat dan 77 rumah rusak ringan.

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply