Betulkah Patriot Saudi Tembak Jatuh Rudal Burkan-2H

0

Sebuah rudal balistik Burkan-2H yang ditunjukkan ditayangan televisi, tidak ada indikasi yang menunjukkan bahwa rudal ini telah dicegat oleh sistem pertahanan udara Arab Saudi Patriot sesuai klaim.

Sebelumnya sebuah tim jaringan televisi CNN dibawa ke sebuah pangkalan militer Saudi pada 17 Januari 2018. Mereka diizinkan mengambil gambar sisa-sisa rudal balistik yang ditandai dengan jelas sebagai Burkan-2H.

Koalisi yang dipimpin Saudi mengatakan bahwa rudal dengan jangkauan 900 km itu diluncurkan dari Yaman dan dicegat oleh Patriot di selatan Riyadh pada 19 Desember 2017 seperti dikutip janes.com.

CNN mengulangi klaim Saudi, dengan mengatakan rudal ditembak jatuh sekitar 15 mil (24 km) dari Riyadh, namun sisa-sisa yang difilmkan tidak menunjukkan tanda-tanda bahwa rudal itu telah ditembak rudal Patriot PAC-2 atau PAC-3 hit-to-kill yang baru dibeli Saudi.

Sisa-sisa itu juga terlihat seperti re-entry vehicle (RV) yang mengandung hulu ledak terpisah dari bodi utamanya.

Koalisi pimpinan Saudi mengklaim Burkan-2H yang diluncurkan di Riyadh pada 4 November, juga dicegat. Itu juga ditampilkan di Amerika Serikat, namun tidak menunjukkan indikasi telah dicegat.

Fragmen hulu ledak juga ditampilkan, menunjukkan telah diledakkan setelah menabrak tanah karena akan sulit dijinakkan setelah ledakan udara.

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply