India Bangun Pangkalan di Seychelles, Negeri Kecil di Samudera Hindia Sejauh 3.794 Km dari Delhi

0

India akan mendirikan sebuah pangkalan militer di luar negeri guna menghadirkan kekuatan lautnya di Wilayah Samudera India (IOR). Negara yang dipilih adalah negara kepulauan Seychelles yang berada di Samudera Hindia.

Untuk memuluskan maksud itu, Menlu India Subrahmanyam Jaishankar dan Menlu Seychelles Barry Faure, menandatangani kesepakatan pada 27 Januari 2018 sebagai bentuk izin kepada Angkatan Laut India untuk membangun pangkalan dan lapangan terbang di Pulau Assumption .

“Kerjasama ini dicontohkan dengan pengoperasian Coastal Surveillance Radar System pada Maret 2016, dan komitmen kami untuk meningkatkan aset pertahanan dan kemampuan Seychelles,” ujar Jaishankar.

Seychelles adalah sebuah negara republik yang terdiri dari beberapa pulau. Jumlah pulau di Seychelles disebutkan 115 pulau, namun Konstitusi Republik Seychelles mendaftarkan jumlah 155.

Negara ini berada di Samudera Hindia dengan jarak sekitar 1.600 km do sebelah timur daratan Afrika dan sebelah timur laut Madagaskar.

Dengan perkiraan populasi 86.525, Seychelles adalah negara dengan populasi terkecil di Afrika. Dalam sejarah pendiriannya, negara ini awalnya diperebutkan oleh Perancis dan Inggris.

Kalau dihitung dari India, Seychelles berjarak sekitar 3.794 km yang setara dengan jarak penerbangan sejauh 2.357 mil. Sementara dari Indonesia, jaraknya lebih jauh lagi sekitar 6.509 km, atau setara jarak penerbangan 4.045 mil.

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply