Mendarat di Timika, Panglima TNI Langsung Pimpin Rapat Koordinasi KLB Asmat

0

Malam ini (31/1/2018) bertempat di Hotel Sofitel, Timika, Papua, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memimpin rapat koordinasi dengan Satgas Kesehatan TNI KLB Asmat. Panglima TNI langsung menggelar rapat koordinasi bersama staf setelah mendarat di bandara usai memberikan arahan kepada 47 Atase Pertahanan (Athan) dan 53 calon Athan di Bali.

Rapat malam ini dihadiri oleh KSAL, KSAD, Wakil KSAL, seluruh Asisten Panglima TNI, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI George Elnadus Supit, Kepala Satgas KLB TNI, dan jajaran TNI lainnya.

Panglima TNI menyimak penjelasan kondisi di lapangan dari para staf. Foto: beny adrian

Sebelum memberikan arahan singkat, Panglima TNI menerima laporan dari Pangdam tentang situasi terakhir di Kabupaten Asmat. Dicatat sudah 8.000 lebih warga berhasil divaksinasi oleh Satgaskes TNI dalam rentang waktu 16-31 januari 2018.

Satgaskes TNI juga berhasil mengevakuasi sejumlah anak-anak yang ditemukan sudah dalam kondisi lemah akibat campak, gizi buruk, dan difteri.

TNI memang bergerak cepat menanggapi perintah Presiden Joko Widodo kepada Panglima. Setidaknya sudah lebih 50 tenaga dokter TNI saat ini berada di wilayah Asmat. Terakhir TNI AD mengirimkan sejumlah dokter muda yang masih dalam pendidikan dasar kemiliteran. Dalam arahannya, Panglima TNI juga memerintahkan KSAU dan Wakil KSAL untuk mengirimkan dokter-dokter muda agar kondisi darurat ini bisa segera berlalu.

Panglima TNI mendengarkan semua laporan dan masukan dari staf. Foto: beny adrian

Sejumlah laporan mengemuka dalam rapat malam ini. Yaitu masalah akses ke lokasi yang sangat terbatas menggunakan perahu motor atau helikopter, keterbatasan bahan bakar, alat komunikasi, sinyal yang tidak merata, dan persoalan logistik lainnya.

Untuk itu Marsekal Hadi meminta satuan di bawahnya memberikan bantuan secara maksimal, seperti mengirimkan perahu dan kapal-kapal kecil agar bisa menembus keterisolasiannya. Panglima TNI juga membicarakan kemungkinan pemasangan BTS menggunakan tenaga matahari untuk memperlancar komunikasi.

Besok pagi rencananya Panglima TNI akan meninjau langsung ke Asmat. Foto: beny adrian

Panglima TNI mengatakan bahwa TNI akan berbuat secara maksimal untuk mengatasi KLB di Asmat. Namun Panglima TNI menjelaskan bahwa tentu tidak semua persoalan bisa dikerjakan oleh TNI, dan untuk itu harus dilakukan melalui koordinasi lintas sektoral dengan kementerian terkait.

Besok pagi direncanakan Panglima TNI dan rombongan akan mengunjungi Kabupaten Asmat guna melihat secara langsung kondisi di lapangan.

 

Teks: beny adrian

 

Share.

About Author

Leave A Reply