Geliat NBO-105 dan Bell-429 Polisi Udara Bantu Korban Gempa Lombok

Dalam mendukung operasi tanggap darurat bencana gempa bumi di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Direktorat Polisi Udara Baharkam Polri mengirimkan dua helikopter ke lokasi bencana. Yaitu helikopter NBO-105 Bolkow P-1114 dan Bell-429 GlobalRanger P-3201.

Kedua heli membantu menyalurkan bantuan ke lokasi yang sulit terjangkau. Kedua heli juga yang menjadi alat angkut utama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat mengunjungi lokasi bencana.

Dalam kunjungan pertamanya Rabu (8/8/2018), Panglima TNI dan Kapolri menggunakan kedua heli untuk melihat lokasi bencana di Gili Trawangan. Termasuk mampir untuk melihat aktivitas bantuan di KRI dr. Soeharso.

Helikopter BO-105 dan Bell-429 (tertutup mobil tangki) dengan latar belakang tower ATC Bandara Internasional Lombok. Foto: beny adrian/ mylesat.com

Dalam kunjungan kedua (Senin-Selasa, 13-14/8/2018) mendampingi Presiden Joko Widodo, NBO-105 dan Bell-429 kembali menjadi andalan Panglima TNI.

Helikopter Bell-429 diawaki oleh AKBP Agus Herli dan Kompol Teguh. Teknisi heli adalah Brigadir Uripno dan Brigadir Rudiansyah.

Bell-429 sudah tiba di Lombok sehari setelah gempa pertama mengguncang, kemudian kembali ke Pondok Cabe di Jakarta. Ketika gempa kedua mengguncang lebih keras pada 5 Agustus lalu, Bell-429 kembali diberangkatkan ke Lombok hingga saat ini.

Sementara NBO-105 diterbangkan oleh Iptu Doni Rahman dan Brigadir Bambang. Adapun teknisi heli adalah Brigadir Warsono dan Brigadir Heri Hartoni. NBO-105 sudah berada di Lombok sejak 19 Juli 2018.

Sepertinya penggunaan helikopter Mi-17V5 Hip Penerbad dibatasi untuk alasan keamanan. Karena di lokasi bencana masih banyak berserakan reruntuhan dan puing serta daun dan dahan kering yang mungkin bisa mengganggu keselamatan penerbangan.

Terbukti saat helikopter NAS-332 L2 Super Puma yang membawa Jokowi mendarat di GOR Pemenang, Lombok Utara, rumput dan dahan beterbangan yang sempat membuat Panglima TNI khawatir.

Bell-429 Polisi Udara siap membawa Panglima TNI dan Kapolri dalam kunjungan pertama. Foto: beny adrian/ mylesat.com

Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Benny Susianto menegaskan bahwa helikopter Mi-17 sudah standby dan siap digerakkan sewaktu-waktu.

Sejak bencana melanda Lombok, tak terbilang sudah berapa sorti dilakukan helikopter NBell-412 Penerbad. Baik untuk mengevakuasi korban maupun mengirim logistik.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: