Roket Hantam Pangkalan Militer AS di Dekat Ladang Minyak Conoco di Suriah

0

MYLESAT.COM – Sejumlah roket meledak pada hari Selasa (18/8) di wilayah pangkalan militer Amerika Serikat di utara kegubernuran Deir ez-Zor Suriah.

Menurut kantor berita SANA, serangan itu menargetkan pangkalan AS di dekat ladang minyak Conoco yang dikendalikan pasukan AS dan unit Kurdi. Tidak ada informasi tentang korban sejauh ini.

Ini adalah serangan pertama di salah satu dari 12 fasilitas militer yang dibuat Amerika Serikat sejak 2015 di al-Hasakah, Raqqa, dan Deir ez-Zor di Suriah.

Pasukan AS bersama kelompok Kurdi, mengendalikan daerah kaya minyak di tepi timur sungai Efrat, termasuk ladang minyak Al-Omar, Tanak, Al-Jafra dan Conoco, yang menyumbang 80% dari semua minyak yang diproduksi di Suriah sebelum perang pecah.

Akhir tahun lalu, Presiden AS Donald Trump menyetujui rencana penarikan pasukan AS dari Suriah. Menurut Trump hanya beberapa ratus tentara AS yang akan tetap berada di negara itu.

Tugas utama mereka adalah memastikan kendali atas ladang minyak di timur laut negara itu.

Sementara itu, Damaskus memandang kehadiran militer AS di wilayahnya sebagai “pendudukan ilegal yang disertai dengan penjarahan sumber daya alam milik rakyat Suriah”.

Pada 17 Agustus, helikopter Angkatan Bersenjata AS melepaskan tembakan ke pos pemeriksaan tentara pemerintah Suriah di dekat pemukiman Tel Dahab di provinsi al-Hasakah.

Satu tentara Suriah tewas dan dua lainnya luka-luka. Menurut SANA, serangan itu terjadi setelah tentara Suriah menolak membiarkan patroli AS melewati salah satu pos pemeriksaannya.

Share.

About Author

Leave A Reply