AS Tuduh Su-27 Rusia Cegat Pembom B-52 Secara Tidak Profesional

0

MYLESAT.COM – Pentagon berang, menuduh dua pesawat tempur Rusia yaitu Su-27 Flanker telah melakukan aksi pencegatan terhadap pembom B-52 Stratofortress secara unsafe and unprofessional.

Sebelumnya Pusat Kontrol Pertahanan Nasional Rusia mencatat bahwa pesawat tempur Rusia telah bertindak sesuai hukum udara internasional.

Pencegatan terjadi saat B-52 Angkatan Udara AS tengah terbang di atas Laut Hitam, seperti disampaikan oleh US Air Forces in Europe – Air Forces Africa pada Sabtu (29/8).

“Pada 28 Agustus 202u, dua Su-27 Flanker Rusia intersep B-52 USAF yang tengah melaksanakan operasi rutin di Laut Hitam di atas perairan internasional. Pilot Rusia terbang dengan cara unsafe and unprofessional saat melintas dalam jarak 100 kaki dari hidung B-52 selama beberapa kali pada ketinggian yang sama dan saat menyalakan afterburner telah menimbulkan turbulensi dan membatasi kemampuan B-52 untuk bermanuver,” bunyi pernyataan itu.

“Tindakan seperti ini meningkatkan potensi tabrakan di udara, tidak penting, dan tidak konsisten dengan penerbangan yang baik dan aturan penerbangan internasional,” mengutip pernyataan Jenderal Jeff Harrigian, Komandan US Air Forces in Europe-Air Forces Africa.

Sebelumnya, Pusat Kontrol Pertahanan Nasional Rusia melaporkan bahwa pesawat Su-27 Rusia pada Jumat scrambled untuk mencegat pembom B-52 AS di atas Laut Hitam.  Menurut militer Rusia, target udara telah terdeteksi di perairan netral.

Pusat Kontrol mengungkapkan bahwa pilot jet Rusia mendekati objek terbang pada jarak yang aman dan mengidentifikasinya sebagai pembom B-52 Angkatan Udara AS, menggarisbawahi bahwa pembom tidak diizinkan melanggar perbatasan Rusia.

Pusat Kontrol juga mencatat bahwa pesawat Rusia bertindak sesuai hukum udara internasional. Setelah pesawat AS berbalik, jet Rusia kembali ke pangkalan mereka.

Share.

About Author

Leave A Reply