Bangun Kapal Induk Ketiga, China Juga Kembangkan Jet Tempur untuk Armada Terapung Itu

0

MYLESAT.COM – Pemerintah China mengumumkan rencana membangun jet tempur berbasis kapal induk. Rencana ini disampaikan saat China mendemonstrasikan sepasang pesawat tempur siluman J-20 berbasis darat yang ditenagai mesin asli buatan China di airshow Zhuhai. Pameran Penerbangan dan Antariksa Internasional China dua tahunan ini, berlangsung dari 28 September hingga 3 Oktober.

Aviation Industry Corporation of China (AVIC) mengatakan pada Rabu (29/9/2021) bahwa pihaknya meluncurkan proyek untuk membangun jet tempur generasi berikutnya, bermesin ganda, dan beroperasi di kapal induk.

Dicatat oleh perusahaan, prototipe pertama dari pesawat tempur siluman masa depan ini akan diluncurkan akhir tahun ini.

Media resmi China Shenyang Aircraft Corporation (SAC) juga merilis cuplikan video yang menunjukkan model dan rendering artis dari jet tempur yang direncanakan.

Pesawat tempur baru ini akan menjadi mengusung desain twin-tailed, twin-engine, dan mid-wing.

Sun Cong, kepala perancang jet tempur Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAN),  membeberkan detail rencana pada konferensi pers di Zhuhai.

Sun adalah sosok yang memimpin desain Shenyang J-15 Flying Shark. Dia mengatakan lebih banyak akan terungkap tentang program baru pada waktunya.

Senada, perusahaan kedirgantaraan AVIC mengatakan bahwa pesawat baru yang dibawa kapal induk ini akan terungkap sebelum akhir tahun 2021.

Baik Sun maupun AVIC tidak mengungkapkan rincian lebih lanjut tentang program ini. Namun unggahan di media sosial menyertakan grafik yang menunjukkan apa yang tampak seperti pesawat tempur dengan desain ekor ganda.

Sejumlah ahli berspekulasi bahwa China sedang mengembangkan jet tempur berbasis kapal induk dari Shenyang J-31.

J-31 yang mengadopsi desain twin-tailed, twin engine, dan mid wing menggabungkan beberapa fitur dan memiliki kemiripan dengan Lockheed-Martin F-35 Lightning II Joint Strike Fighter.

Pesawat ini pertama kali terbang pada Oktober 2012 dan hadir di pameran udara Zhuhai 2014.

China memiliki dua kapal induk yang beroperasi dan sedang membangun kapal induk ketiga yang jauh lebih besar.

Dua kapal pertama dilengkapi ski-jump untuk membantu pesawat lepas landas, sedangkan kapal terbaru yang sedang dibangun di Shanghai akan dilengkapi ketapel untuk meluncurkan pesawat yang lebih berat dan melakukan operasi lebih cepat.

Pembangunan kapal induk ketiga yang diberi kode Type-003 ini dilakukan di Shanghai. Kabarnya tahap  pembangunannya sudah memasuki perangkaian lambung.

Dalam sebuah citra satelit terlihat bahwa kapal induk terbaru China ini secara keseluruhan memiliki ukuran serupa dengan kapal induk AS, USS Gerald R. Ford.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply