KSAU Resmikan 3 Satuan Jajaran TNI AU, Salah Satunya Lanud IG Dewanto di Saumlaki

0

MYLESAT.COM – Sekaligus tiga satuan baru TNI AU, diresmikan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo di Mabesau, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (14/1/2022). Peresmian ini merupakan rangkaian dari validasi organisasi di tubuh Angkatan Udara.

Ketiga satuan tersebut adalah Pusat Latihan (Puslat) Kodiklatau dipimpin oleh Marsma TNI I Nyoman Suadnyana, S.T., M.M. Pusat Pendidikan (Pusdik) Kodiklatau dipimpin Marsma TNI Azhar Aditama, S.Sos., M.M., M.Han. Serta Lanud I.G Dewanto di Kabupaten Saumlaki, Kepulauan Tanimbar, Maluku Tenggara, dengan komandan Letkol Pas Yohanes Moses P., S.Pd.

Nama Lanud IG Dewanto diambil dari salah seorang penerbang tempur legendaris TNI AU yaitu Komodor Udara (Marsekal Pertama) Ignatius Dewanto.

KSAU menyerahkan tunggul satuan kepada komandan satuan baru TNI AU. Foto: Dispenau

Penerbang P-51 Mustang lulusan TALOA di Kalifornia ini menjadi sosok yang dikagumi, karena berhasil menembak jatuh pesawat yang diterbangkan pilot berkebangsaan Amerika Serikat dengan nama Allan Lawrence Pope.

Pope yang merupakan agen CIA, bergabung dengan kelompok Permesta di Sulawesi Utara. Dalam misinya hari itu, 18 Mei 1958, ia ditembak jatuh usai melakukan strafing di Kota Ambon menggunakan pesawat B-26 Invader.

Dalam amanatnya KSAU menyampaikan bahwa Puslat Kodiklatau dan Pusdik Kodiklatau memiliki peran untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan latihan, serta sumber daya manusia Angkatan Udara sehingga mampu menjawab berbagai tantangan tugas ke depan.

Dalam kesempatan yang sama KSAU menambahkan, Lanud I.G. Dewanto memiliki tugas penting dalam mewujudkan Satuan TNI terintegrasi di pulau terluar Indonesia.

KSAU berharap agar para personel satuan jajaran yang baru diresmikan dapat segera menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang baru dan membangun sinergi serta kolaborasi dengan para stakeholders.

KSAU berdialog dengan anggota TNI AU yang mendapat kepercayaan ditempatkan di Lanud IG Dewanto. Foto: Dispenau

Rangkaian acara peresmian terdiri dari Pernyataan Peresmian, Penyematan Tanda Jabatan, Penyerahan Lambang-Lambang Satuan, dan Penandatanganan Batu Prasasti oleh KSAU.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakasau Marsda TNI A. Gustaf Brugman, Dankodiklatau Marsdya TNI Tatang Harlyansyah, para Asisten KSAU, dan para pejabat utama TNI AU.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply