Total 7 UAV, Northrop Grumman Luncurkan MQ-4C Triton Pertama Pesanan Australia

0

MYLESAT.COM – Northrop Grumman meluncurkan pesawat tanpa awak (UAV) MQ-4C Triton pertama pesanan Australia. Produksi RPAS (remotely piloted aircraft system) pertama akan selesai pada 2023, dengan pengiriman ke Angkatan Udara Australia (RAAF) diharapkan pada 2024.

Peresmian RPAS ditandai upacara di fasilitas produksi pesawat high-altitude, long-endurance (HALE) Northrop Grumman yang berada di Kalifornia, AS. Acara tersebut dihadiri oleh pejabat pemerintah dan pertahanan AS dan Australia.

MQ-4C Triton sedang dikembangkan di bawah Triton Cooperative Programme, yang merupakan upaya kolaborasi antara Angkatan Laut AS, Departemen Pertahanan Australia (DoD) dan Northrop Grumman.

Program ini akan memungkinkan pasukan pertahanan kedua negara untuk bertukar data yang dikumpulkan oleh Triton.

Kepala RAAF Aerospace Systems Division, Leon Phillips mengatakan, “Pertahanan akan menginvestasikan lebih dari 607.14 juta dolar AS di industri Australia, termasuk keberlanjutan, ICT dan fasilitas.” Pekerjaan pertama dari tujuh Triton pesanan Australia dimulai Oktober 2020 di fasilitas Moss Point Northrop Grumman di Mississippi, AS.

Pada Desember 2021, perusahaan mencapai tonggak produksi utama dengan memasang badan pesawat dan sayap satu bagian ke pesawat.

Produksi pesawat pertama dijadwalkan selesai pada 2023, dengan pengiriman ke Australia diharapkan pada 2024.

Presiden Northrop Grumman Aeronautics Systems dan wakil presiden Tom Jones mengatakan bahwa saat ini pihaknya bersiap untuk integrasi sistem akhir dan uji terbang. “Kami selangkah lebih dekat untuk memberikan kemampuan maritim yang luar biasa ini ke Australia,” ujarnya.

Setelah pengirimannya, MQ-4C RPAS akan berbasis di Pangkalan RAAF Tindal. Sementara operasi utamanya akan ditangani oleh fasilitas di Pangkalan RAAF Edinburgh.

Kepala Staf Angkatan Udara Australia Marsekal Robert Chipman mengatakan, “Triton akan bekerja bersama dengan P-8A Poseidon, sistem pesawat tanpa awak ini akan memungkinkan kami untuk mencakup area yang signifikan, pada jarak lebih jauh dan memiliki kemampuan untuk tetap mengudara lebih lama daripada pesawat tradisional,” ucapnya.

Pada 26 Juni 2018, Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull mengumumkan pembelian yang pertama dari enam MQ-4C Triton dengan pertimbangan diberikan untuk membeli yang ketujuh.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply