PASTI Satukan Alumni Sesko TNI Lintas Generasi

Masih terngiang di memori Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto kenangan beberapa tahun lalu saat masih menjadi perwira siswa (Pasis) Sesko (Sekolah Staf dan Komando) TNI di Bandung.

Marsekal Hadi tercatat sebagai alumni Sesko TNI tahun 2009 Angkatan 36.

“Ada empat yang langsung saya ingat begitu semalam memasuki kesatriaan Sesko,” ujar Panglima TNI disambut hening para hadirin menunggu penjelasan Panglima.

“Pertama, waduh, iuran Yansis sudah belum ya,” ucap Panglima TNI yang langsung ditingkahi tawa dan tepuk tangan para perwira yang pejabat yang hadir. Kenang Hadi, dulu ketika masih Pasis, hal pertama yang diingatnya setiap kali kembali ke Sesko usai liburan akhir minggu adalah iuran Yansis.

Yansis adalah Pelayan Siswa, yaitu seseorang yang ditugaskan melayanani kebutuhan Pasis selama sekolah.

Hal kedua, lanjut Hadi, kalau malam-malam datang saat kembali dari liburan akhir minggu yang ia ingat adalah, “Wah, dapat tongkol keras lagi nggak nih.” Lalu soal rebutan kerupuk sampai ada yang bawa piring agar mendapat banyak kerupuk. Terakhir, “Kalau malam hari saat sudah selesai kerjakan tugas, langsung makan bakmi,” aku Hadi tertawa.

Panglima TNI foto bersama pengurus PASTI usai dikukuhkan. Foto: beny adrian

Kenangan itu diceritakan Panglima TNI usai mengukuhkan Paguyuban Alumni Sesko TNI disingkat PASTI di Sesko TNI, Bandung (14/12/2017).

Sebelumnya di tempat yang sama, Panglima TNI mewisuda 143 Pasis Pendidikan Reguler XLIV Sesko TNI Tahun Ajaran 2017.

Baca: Tugas Pertama di Luar Jakarta, Panglima TNI Wisuda 143 Pasis Sesko TNI

“Memang kalau pemikiran TNI zaman now itu banyak efek wow,” kata Panglima TNI sebagai pembuka sambutannya saat mengukuhkan PASTI. Hadir dalam ramah tamah Komandan Sesko TNI Letjen TNI (Mar) RM Trusono, para pejabat Mabes TNI, dan Pasis Dikreg XLIV dan istri.

Gaya bahasa zaman now dikutip Hadi sebagai bentuk apresiasinya terhadap kreativitas para perwira dengan membentuk PASTI.

Panglima TNI menyampaikan harapannya dengan terbentuknya PASTI, bisa menjadi wadah diskusi dan curah pendapat bagi kemajuan TNI dan Bangsa.

Begitu pula kepada Pasis dari Polri dan mancanegara, Panglima berharap hubungan terus dibina baik secara personal maupun kelembagaan.

Hadi pun menuturkan pengalamannya sebagai mantan Pasis Sesko TNI, yang terus berkomunikasi dengan teman-teman seangkatannya, termasuk yang dari luar negeri. “Hanya agak sudah dengan yang dari Burkina Faso, mungkin jaringan internetnya susah,” jelas Hadi sedikit bercanda.

Hadi juga menyampaikan kepada para perwira untuk tidak segan-segan memberikan masukan kepadanya. Baik secara lisan atau tertulis dalam bentuk executive summary. “Panglima harus memperoleh masukan dari PASTI,” tegas Hadi.

Dengan dibentuknya PASTI, tentu harus segera disosialisasikan kepada seluruh alumni Sesko TNI terutama yang sudah purnawirawan. Karena jika merujuk sejarah Sesko TNI yang usianya menginjak 47 tahun, tentu jumlah alumni sudah mencapai ribuan.

Sejarah Sesko TNI diawali terbentuknya LEMDIKSKOGAB tahun 1970 yang kemudian membentuk Sesko ABRI pada 1 April 1974 dan Seskogab pada 24 September 1974. Selanjutnya berubah nama menjadi Sesko ABRI.

Dengan berubahnya sebutan ABRI menjadi TNI dan Polri memisahkan diri dari ABRI, berubah pula nama Sesko ABRI menjadi Sesko TNI sejak 1 Oktober 1999.

“Mulai sekarang, seluruh lulusan Sesko TNI namanya PASTI,” ujar Panglima TNI.

Susunan organisasi PASTI:

  • Panglima TNI: Pelindung
  • Mantan Dansesko TNI: Penasihat
  • Dansesko TNI: Pembina
  • Mayjen TNI Ibnu Triwidodo: Ketua Umum
  • Marsda TNI Gutomo: Wakil Ketua Umum 1
  • Laksda TNI I Nyoman Gede Ariawan: Wakil Ketua Umum 2
  • Brigjen TNI Darlan Harahap: Sekretaris 1
  • Marsma TNI Hadi Suwito: Sekretaris 2
  • Marsda TNI I Tryandono: Bendahara 1
  • Brigjen TNI (Mar) Harhar Sucharyana: Bendahara 2

 

Teks: beny adrian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s