Tiba di Honolulu, Panglima TNI Akan Hadiri Konferensi Panglima se-Asia Pasifik

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto didampingi Ketua Umum Dharma Pertiwi Nanny Hadi Tjahjanto, tiba di Bandara Internasional Honolulu, Minggu (9/9/2018) pagi waktu Honolulu.

Kedatangan Panglima TNI di Bandara Honolulu disambut Atase Pertahanan Indonesia di Washington DC Marsma TNI Joko Takarianto. Turut menyambut beberapa warga Indonesia yang bermukim di Hawaii.

Panglima TNI direncanakan akan menghadiri Chiefs of Defense Conference (CHOD) yang dihadiri oleh 36 panglima angkatan bersenjata di kawasan Asia Pasifik. Konferensi CHOD akan dilaksanakan selama dua hari berturut-turut, Selasa dan Rabu mendatang.

Athan Indonesia memperkenalkan kepada Panglima TNI seorang prajurit US Army yang berasal dari Indonesia. Foto: beny adrian/ mylesat.com

Turut mendampingi Marsekal Hadi dalam Konferensi CHOD adalah Asisten Intelijen Panglima TNI Mayjen TNI Agus Surya Bhakti dan Kapuskersin Laksma TNI Tatit Eko Witjaksono.

Konferensi CHOD adalah pertemuan tahunan seluruh panglima angkatan bersenjata negara Asia-Pasifik. Bertindak sebagai tuan rumah dalam konferensi adalah United States Indo-Pacific Command (USINDOPACOM).

Konferensi CHOD mempertemukan para pemimpin militer senior dari negara kawasan untuk bersama-sama membahas tantangan keamanan bersama, meningkatkan hubungan timbal balik dan memupuk kerja sama keamanan.

USINDOPACOM memiliki wilayah tanggung jawab (AOR, Area of Responsibility) meliputi sekitar setengah permukaan Bumi, terbentang dari perairan pantai barat AS hingga perbatasan barat India, dan dari Antartika hingga Kutub Utara.

Jika ditotal wilayah operasi USINDOPACOM mencapai 260.000.000 kilometer persegi.

Di dalam wilayah USINDOPACOM terdapat begitu banyak wilayah yang secara kultural, sosial, ekonomi, dan geopalotik sangat beragam yang disebut Asia-Pasifik.

Terdapat 36 negara di wilayah Asia-Pasifik yang menjadi rumah bagi lebih dari 50% populasi dunia, 3.000 bahasa yang berbeda, beberapa militer terbesar di dunia, dan lima yang bersekutu dengan AS melalui perjanjian pertahanan.

Dua dari tiga negara dengan ekonomi terbesar di dunia berlokasi Asia-Pasifik bersama dengan 10 dari 14 yang terkecil.

USINDOPACOM AOR meliputi negara dengan penduduk terbesar di dunia, demokrasi terbesar, dan negara dengan populasi muslim terbesar di dunia yaitu Indonesia.

USINDOPACOM adalah salah satu dari enam Komando Tempur Gabungan (Unified Combatant Commands) dari Angkatan Bersenjata Amerika Serikat.

Panglima US Indo-Pacific Command (CDRUSINDOPACOM) adalah perwira senior yang memegang otoritas di Indo-Pasifik.

Sebelumnya USINDOPACOM dikenal sebagai United States Pacific Command (USPACOM). Pergantian nama menjadi USINDOPACOM dikukuhkan pada 30 Mei 2018, sebagai pengakuan atas meningkatnya konektivitas antara Samudera Hindia dan Pasifik.

Pergantian nama diumumkan Menhan Jim Mattis berbarengan dengan pergantian jabatan komando Asia Pasifik dari Laksamana Harry B. Harris Jr. kepada Laksamana Philip S. Davidson yang saat ini menjabat.

USINDOPACOM adalah komando tempur gabungan tertua dan terbesar yang dipunyai AS.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: