Siang Hingga Sore Ini di Honolulu, Panglima TNI Lakukan Pertemuan Maraton dengan 6 Jenderal

Sehari menjelang dibukanya Chiefs of Defense Conference (CHOD) yang dihadiri 36 panglima angkatan bersenjata di kawasan Asia Pasifik di Honolulu, Hawaii, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan pertemuan bilateral secara maraton dengan sejumlah panglima negara sahabat.

Pertemuan berlangsung di Hotel Prince Waikiki di Honolulu.

Pertemuan diawali dengan Jenderal Joseph F. Dunford, Jr. yang merupakan Chairman of the Joint Chiefs of Staff dari Amerika Serikat. Dilanjutkan pertemuan bilateral dengan panglima angkatan bersenjata dari Perancis, Selandia Baru, Inggris, Australia, dan Filipina.

Banyak hal dibicarakan dalam pertemuan bilateral ini. Namun isu yang paling mengemuka menjadi pembicaraan di antara Panglima TNI dengan mitranya adalah soal terorisme.

Isu terorisme masih menjadi perhatian utama dunia. Meski sudah banyak upaya dilakukan baik secara bilateral maupun multilateral dalam menanggulangi ancaman terorisme, terorisme tetap menjadi perhatian.

Selain itu masalah di Asia Tenggara juga menjadi perhatian khususnya bagi Amerika Serikat. AS menyadari bahwa apapun yang terjadi di Asia Tenggara saat ini, dianggap menjadi perhatian dunia.

Satu hal menarik juga disampaikan Panglima TNI kepada setiap panglima negara sahabat yang ditemui terkait akan digelarnya TNI International Marathon di Mandalika, Lombok.

Marsekal Hadi menyampaikan ajakan secara lisan kepada para jenderal untuk berpartisipasi mengirimkan prajuritnya mengikuti lomba maraton ini. “Semuanya menyambut positif dan antusias, semoga ada yang bersedia datang,” ujar Hadi.

Sebelumnya di ruangan Pi’inaio di hotel yang sama, Marsekal Hadi mengikuti multilateral meeting yang dihadiri sejumlah delegasi. Beberapa topik menjadi bahan diskusi dalam pertemuan ini.

Malam ini Panglima TNI dan semua panglima yang hadir akan menghadiri jamuan makan malam. Acara berlangsung di kediaman Panglima USINDOPACOM (United States Indo-Pacific Command (USINDOPACOM) Laksamana Philip S. Davidson.

Besok pagi, Selasa (11/9/2018), Chiefs of Defense Conference (CHOD) akan dibuka secara resmi. Konferensi akan berlangsung selama dua hari.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: