Dari Konferensi CHOD, Panglima TNI: Perlu Dialog Kecil Guna Menyelesaikan Isu Berbeda

Dari pagi hingga siang hari ini, Rabu (12/9/2018), Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menghadiri Konferensi Chiefs of Defense Conference (CHOD) di Pi’inaio Ballroom, Prince Waikiki Hotel, Honolulu, Hawaii.

Diskusi pleno hari ini mengangkat tema “Keamanan Indo Pasifik: Mempertahankan Kepentingan dan Nilai Bersama” yang disampaikan oleh Dr. John Hamre.

Menanggapi paparan ini, Panglima TNI memberikan sejumlah tanggapan. Menurut Hadi, komitmen dalam menciptakan kemanan regional dan memastikan akses kepada kepentingan global telah memberikan fondasi dinamika ekonomi di wilayah Asia Pasifik.

“Namun dinamika itu hanya dapat dipertahankan dengan integrasi ekonomi dan kebebasan lebih luas. Kita harus bersama-sama memperkuat kesamaan kepentingan dan kesamaan prinsip di wilayah Asia Pasifik,” urai Marsekal Hadi.

Dalam diskusi pleno hari ini, Panglima TNI satu meja dengan Panglima AB Thailand dan Inggris. Foto: beny adrian/ mylesat.com

Lebih lanjut Hadi mengatakan, negara-negara di Asia Pasifik harus menghindari ketimpangan keuntungan antara negara di Kawasan.

Integrasi ekonomi dan liberalisasi tidak hanya meningkatkan akses bisnis negara-negara di kawasan dan para investor ke berbagai pasar, namun juga mempererat hubungan antar negara.

Untuk itu Panglima TNI menyarankan perlunya dialog-dialog kecil guna menyelesaikan isu-isu berbeda. Sehingga hambatan dan rintangan di antara negara dapat dihilangkan.

“Malahan dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah keamanan tradisional dan isu trans-nasional, seperti keamanan energi, pembajakan dan kesehatan dunia,” papar Hadi lagi.

Diskusi pleno hari ini dilanjutkan seusai makan siang sebagai sesi akhir.

Hari ini Chiefs of Defense Conference (CHOD) yang dihadiri 26 panglima angkatan bersenjata se-Asia Pasifik akan ditutup secara resmi dalam sebuah jamuan makan malam.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: