Jane, Nenek 76 Tahun yang Jadi Sopir Dadakan Panglima TNI di Honolulu

0

Namanya juga dadakan, di luar skenario, jadilah Ibu Jane menyopiri Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ke tempat acara makan malam di Honolulu, Hawaii (13/9/2018).

Panglima TNI tengah berada di Honolulu untuk menghadiri Chiefs of Defense Conference (CHOD) Asia Pasifik di Honolulu, Hawaii.

Sesuai rencana, malam itu Marsekal Hadi akan menghadiri undangan makan malam dari sejumlah perwira Kohanudnas yang tengah mengikuti kursus SME (Subject Matter Expert) di Hawaii.

Mestinya Marsekal Hadi menumpang mobil GMC yang memang sudah digunakan sejak hari pertama kedatangan Panglima TNI di Honolulu.

Namun malam itu, begitu keluar dari lobi Hotel Prince Waikiki, justru mobil GMC Yukon XL SLT 4×4 (Chevrolet Suburban) yang disopiri Jane (76) inilah yang berada persis di depan lobi hotel.

Jane bersalaman dengan Ibu Nanny Hadi Tjahjanto saat menyambut di Bandara Honolulu. Foto: beny adrian/ mylesat.com

Sementara GMC yang biasa digunakan Marsekal Hadi dan disopiri Edo, justru berada di seberangnya, terpisah sekitar tiga meter saja. Karena sedikit terburu-buru, Marsekal Hadi langsung masuk ke dalam mobil Jane.

Jadilah malam itu, Panglima TNI disopiri seorang nenek berusia 76 tahun.

“Saya teh kaget, tiba-tiba beliau sudah duduk di belakang, saya mah diam aja, sudah nggak berani ngomong,” ujar Jane dengan logat Sunda.

Edo yang mestinya membawa Panglima TNI juga tak kalah kagetnya. Karena saat itu ia justru sedang mengatur posisi mobilnya. “Saya baru mau mundur, tiba-tiba Panglima sudah naik mobil Jane,” aku Edo.

Begitu pun saat kembali ke hotel dari tempat makan malam, Hadi kembali menumpang GMC yang dibawa Jane. “Luar biasa, Panglima TNI disopiri nenek-nenek,” kata Jane tertawa.

Jane juga Edo dan Odi, adalah warga Indonesia yang sudah menetap di Honolulu. Ketiganya menyopiri Panglima TNI, Asintel Panglima TNI, dan rombongan menggunakan tiga mobil.

Kepada mylesat.com, Odi yang berdarah Ambon mengaku bahwa mereka sejatinya volunteer dari komunitas warga Indonesia di Hawaii. “Waktu itu ada permintaan dari komunitas untuk bantu Panglima, maka saya, Jane, dan Edo mengajukan diri,” kata Odi yang punya usaha retail di Oahu.

Meski usianya sudah 76 tahun, Jane masih enerjik dan supel. Selama melayani rombongan Panglima TNI, tidak sedikitpun terlihat rasa lelah di wajahnya. Jalannya sangat gesit untuk orang seusianya.

Dari pagi sampai malam, Jane selalu standby di lobi hotel bersama Odi dan Edo. Perempuan jebolan SMA Regina Pacis di Bogor ini mengaku senang melakukan pekerjaan seperti ini.

Jane yang menikah dengan Sukardi penggemar fotografi, memiliki seorang putri yang menjadi prajurit Angkatan Darat Amerika Serikat. Mayor Michelle Sukardi saat ini berdinas di Hawaii.

Saat tiba di Bandara Honolulu, Michelle yang menikah dengan Kania dari Polandia, ikut menyambut kedatangan Panglima TNI. “Dia sarjana bisnis internasional dari San Fransisco, sudah 11 tahun jadi tentara,” jelas Jane bangga.

Sambil mendekat, Jane lalu membisikkan sesuatu. “Nitip koin dari Panglima ya, Michelle kolektor koin militer soalnya,” ungkap Jane tersenyum.

Aloha….

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply