KSAU Ikuti Rakor Rencana Relokasi Lanud Soewondo di Kota Medan ke Hamparan Perak

0

MYLESAT.COM – Salah satu rencana besar yang tengah disiapkan TNI AU adalah, relokasi Lanud Soewondo ke kawasan Hamparan Perak di Medan, Sumatera Utara. Saat ini Lanud Soewondo (dulu Polonia) berada di tengah-tengah Kota Medan yang sudah tidak aman untuk operasional penerbangan.

Baca Juga:

Rencana relokasi dan pemanfaatan aset Bandara Polonia Medan (Lanud Soewondo) ini dibahas dalam Rapat Koordinasi yang diikuti KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo secara virtual di Mabesau, Cilangkap, Senin (10/01/2022).

KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo mengikuti rakor rencana pemindahan Lanud Soewondo. Foto: Dispenau

Rakor dipimpin Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Panjaitan.

Dalam rakor ini dibahas perkembangan rencana pemindahan bandara, konsep zonasi bandara, rencana kebutuhan anggaran serta status aset tanah.

Selain itu, rapat juga membahas aspek keamanan dan keselamatan bandara, pemetaan lokasi dan soil investigation dilanjutkan penyusunan perencanaan dasar pemindahan Lanud Soewondo ke Hamparan Perak.

KSAU berharap rencana relokasi dan pemanfaatan aset Bandara Polonia dan Lanud Soewondo dapat berjalan dengan baik.

Rakor diikuti Menteri BUMN, Menteri Perhubungan, Menteri Keuangan, Wakil Menteri Pertahanan serta Komandan Lanud Soewondo.

KSAU sendiri sudah dua kali lahan seluas 1.200 hektar yang disiapkan pemerintah di daerah Stabat, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara.

Dalam kunjungannya, KSAU bertemu dengan unsur Forkopimda dan tokoh masyarakat. Pertemuan berlangsung di halaman masjid di Desa Bulu Cina, Kecamatan Hamparan Perak. Rencana pemindahan ini sudah mendapat restu Presiden Joko Widodo.

Bagi TNI AU, tentu pemindahan Lanud Soewondo ke Hamparan Perak akan menjadi proyek percontohan pembangunan sebuah pangkalan udara yang ideal. Dengan melihat letaknya yang strategis, tidak tertutup kemungkinan kelak akan ditempatkan satuan udara permanen di Lanud ini.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply