KSAU Tinjau Kesiapan Simulator Helikopter NAS-332 Super Puma di Lanud Atang Sendjaja

0

MYLESAT.COM – KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo meninjau Simulator Helikopter NAS-332 Super Puma yang berada di bawah kendali Fasilitas Latihan (Faslat) Wing 4 Lanud Atang Sendjaja (6/12/2022). Peninjauan dilaksanakan usai melihat langsung Kejurnas Terjun Payung Kasau Cup 2022.

Pada kesempatan kunjungan kali ini, KSAU didampingi oleh Asops KSAU Marsda TNI M. Khairil Lubis, Aspotdirga KSAU Marsda TNI Bowo Budiarto, Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang B serta pejabat Mabesau dan pejabat Lanud Atang Sendjaja.

KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo meninjau Simulator Helikopter NAS-332 Super Puma di Lanud Atang Sendjaja. Foto: beny adrian/ mylesat.com

KSAU menekankan untuk mengoptimalkan penggunaan simulator yang ada di Lanud Atang Sendjaja ini. Selain itu Marsekal Fadjar juga berpesan kepada Faslat Wing 4  untuk merawat fasilitas yang bernilai sangat mahal ini.

Simulator Helikopter NAS-332 Super Puma ini diresmikan penggunaannya oleh KSAU Marsekal TNI Imam Sufaat pada 29 September 2011. Simulator NAS-332 Super Puma adalah full flight simulator jenis rotary wing pertama dimiliki TNI AU.

Pembuatan Simulator NAS-332 mengacu pada helikopter NAS-332 Super Puma Type L1/C1 konfigurasi VIP dari Skadron Udara 17.

Selain mengadopsi konfigurasi VIP, terdapat penambahan fasilitas latihan dalam simulator yaitu latihan hoist, sling, fastrope dan penerjunan yang merupakan kemampuan NAS-332 Super Puma Type L1/C1 dengan konfigurasi tactical transport.

Dalam dunia penerbangan, simulator sangat dibutuhkan untuk mengurangi resiko kecelakaan dan efisiensi penggunaan jam terbang.

Simulator NAS-332 mempunyai beberapa fungsi, antara lain familirisasi konfigurasi kokpit Super Puma, familirisasi checklist normal dan emergency procedure. Mulai dari engine start sampai engine shutdown, memberikan penerbangan dengan misi dan situasi tertentu, memberikan latihan navigasi serta memberikan latihan terbang instrumen.

Salah satu fungsi simulator adalah untuk meningkatkan kemampuan penerbang dalam menghadapi situasi emerjensi. Foto: beny adrian/ mylesat.com

Kemampuan lain dari Simulator NAS-332 Super Puma adalah mampu menyimulasikan kerusakan pada sistem atau komponen utama pada saat latihan penerbangan dilaksanakan.

Full flight simulator NAS-332 Super Puma merupakan peralatan elektronika yang terdiri dari hardware dan software yang bekerja secara integrasi untuk mengelola berbagai program data sehingga menyimulasikan performa NAS-332 Super Puma secara real time.

Seperti instrumen, avionik, sistem visual, motion system, aural cue system menyerupai performa pesawat sesungguhnya.

Pembangunan simulator helikopter Super Puma dilakukan oleh empat pihak, yaitu PT Dirgantara Indonesia (perakitan, desain, instrumen avionik), DSL Inggris (pengerjaan sistem komputer avionik, visual sistem), Belanda (motion system) dan Amerika Serikat (radar).

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply