Hari Spesial di HUT Polri ke-72: Kapolri Bersama Panglima TNI, 4 Kali Tiup Lilin di Darat dan Udara

Sungguh spesial HUT Polri ke-72 tahun ini yang jatuh pada 1 Juli 2017. Bagaimana tidak spesial, karena pengakuan itu datang sendiri dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Meski diakui Tito tidak ada upacara dan defile, namun kesakralan 1 Juli kali ini justru dirasakannya saat bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan kunjungan kerja di Jayapura pada 30 Juni 2018 sampai 1 Juli 2018, yang bertepatan dengan Hari Jadi Polri ke-72.

“Saya memang perintahkan tidak ada upacara dan defile karena pasukan tersebar di mana-mana dalam pengamanan Pilkada, namun justru di Papua ini saya mendapatkan sesuau yang berbeda,” ujar Jenderal Tito.

Setidaknya empat kali Kapolri harus meniup lilin ulang tahun dalam rangka HUT Polri.

Pertama, usai memberikan sambutan dalam acara silaturahim Panglima TNI dan Kapolri bersama prajurit TNI dan Polri di Makodam XVII/ Cendarawasih di Papua. Sebuah kue berukuran besar dinaikkan ke atas panggung yang diiringi lagu Selamat Ulang Tahun dari grup musik Jamrud.

Dari raut muka Kapolri bisa terlihat ada kekagetan dan haru melihat perayaan yang disuguhkan TNI. Sebelumnya dalam amanatnya, Panglima TNI juga menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Polri yang sudah menginjak usia 72 tahun.

Tidak hanya meniup lilin dan memberikan sambutannya, Kapolri juga menyuapkan kue ulang tahun kepada seniornya Panglima TNI, yang langsung disambut tepuk tangan prajurit TNI-Polri yang hadir.

“Akur sekali,” ujar seorang perwira di samping mylesat.com spontan.

Dari Makodam XVII, rombongaan bergerak ke Mapolda Papua untuk meninjau kesiapan satuan. Lagi-lagi Kapolri menerima kejutan dari anggota Polri se-Jayapura.

Kapolri kembali meniup lilin dan memberikan sambutan di hadapan prajurit dan wartawan.

Kejutan sungguh lebih luar biasa lagi. Di saat hampir seluruh penumpang pesawat Boeing B737-400 registrasi A-7308 Skadron Udara 17 TNI AU sudah tertidur pulas karena kecapaian, tiba-tiba pramugari menyampaikan ucapan selamat ulang tahun Polri melalui public address.

Sontak semua penumpang terbangun. Dari arah kabin depan tepatnya dari galley pesawat, pramugari keluar sambil membawa nasi tumpeng dan diserahkan kepada Kapolri.

Dengan raut muka sedikit lelah dan harus bangun dari tidur, Kapolri terlihat surprise dan haru.

“Ini sesuatu yang luar biasa, belum pernah terjadi. Ini di ketinggian berapa,” tanya Panglima TNI kepada kru pesawat dan dijawab 32.000 kaki.

Kapolri memotong tumpeng untuk diserahkan kepada Panglima TNI dalam penerbangan dari Jayapura ke Makassar. Foto: beny adrian/ mylesat.com

“HUT Polri dirayakan di ketinggian 32.000 kaki, belum pernah terjadi,” tutur Marsekal Hadi. Ali Mochtar Ngabalin yang merupakan staf presiden dan ikut dalam rombongan, didaulat membacakan doa.

Menjelang maghrib setelah menempuh perjalanan tiga jam lebih dari Jayapura, pesawat mendarat di Lanud Sultan Hasanuddin di Makassar.

Sekali lagi kue tart berukuran besar lengkap dengan lilin angka 72, disuguhkan kepada Kapolri, melengkapi keunikan peringatan HUT Polri ke-72 yang belum pernah terjadi.

“Selamat ulang tahun Polri ke-72, profesional, modern, dan terpercaya,” ucap Panglima TNI.

 

Teks: beny adrian

Tags

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: