Belgia Lebur Batalion Para Komando Menjadi Unit Baru, Special Operations Regiment

Angkatan Bersenjata Belgia memperkenalkan pasukan khusus hasil validasi organisasi yang dinamakan Special Operations Regiment (SOR).

Pengukuhan Special Operations Regiment ini dilakukan dalam sebuah upacara militer di Heverlee, timur Brussels pada 3 Juli sebagaimana dikutip janes.com.

Special Operations Regiment menggantikan Belgian Land Component’s Light Brigade, dan mengambil alih tiga Parachute Battalion dan dua Commando Battalion (dikenal secara kolektif sebagai para commandos).

Termasuk diambil adalah pusat latihannya, sebagai Special Forces Group.

Sebagai tambahan, di Heverlee yang menjadi markas bagi enam Communication and Information Systems Group juga sudah diintegrasikan ke dalam SOR.

Menurut Menhan Belgia Steven Vandeput, konversi Light Brigade adalah bagian dari Strategic Vision 2020, yang digambarkan sebagai “salah satu ujung tombak restrukturisasi komponen darat”.

Ditambahkan Steven, pembentukan SOR menjadi fondasi kuat bagi Belgia menuju masa depan.

“Kerja sama di antara pasukan khusus dan pasukan khusus seperti para komando jelas memperkuat kemungkinan negara kami untuk berkontribusi pada NATO dalam kerangka pertahanan kolektif,” jelasnya.

Salah satu tugas Special Operations Regiment adalah memberikan dukungan kepada pasukan darat lokal seperti AD Belgia dan membantu pasukan Irak mempertahankan negaranya.

Sementara Komandan SOR Kolonel Vincent Descheemaeker mengatakan, Resimen akan melakukan banyak penyesuaian struktur dan membentuk detasemen yang dilengkapi persenjataan sesuai misi.

Descheemaeker menjelaskan bahwa ia akan melakukan lebih banyak perubahan.

“Struktur internal kami sedang dalam proses perubahan. Special Forces Group menerima personel baru dan setiap unit akan menerima reorientasi khusus yang ditujukan untuk melakukan operasi khusus,” jelas Descheemaeker.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: