Mall untuk Prajurit yang Diimpikan Panglima TNI, Kira-kira seperti NEX di Honolulu

Mengisi waktu kosong hari ini (9/9/2018) sebelum memulai rangkaian kegiatan Chiefs of Defense Conference (CHOD) yang berlangsung di Prince Waikiki Hotel, Honolulu, Hawaii mulai besok hingga 12 September, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengunjungi mall-nya tentara Amerika Serikat.

Baca: Tiba di Honolulu, Panglima TNI Akan Hadiri Konferensi Panglima se-Asia Pasifik

Mall Navy Exchange atau disingkat NEX ini berada di 4725 Bougainville Drive Building No. 631 Honolulu.

Karena namanya Navy, maka NEX adalah mall yang dibangun oleh Angkatan Laut AS untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari prajurit maupun dalam urusan dengan dinas.

Panglima TNI terinspirasi dengan hipermarket seperti NEX yang didirikan militer AS untuk prajurit. Foto: beny adrian/ mylesat.com

Yang djual segala macam, layaknya kita berbelanja di hipermarket di Indonesia.

Walau dibangun oleh Angkatan Laut, mall ini terbuka untuk seluruh prajurit AS. Yang boleh masuk dan belanja di mall ini hanyalah prajurit militer AS dan keluarganya baik dari AL, AU, AD, National Guard serta pensiunan dan keluarganya.

NEX inilah yang dikunjungi Panglima TNI siang ini dan Ibu Nanny Hadi Tjahjanto bersama rombongan. Mall tiga lantai ini ramai dikunjungi. Terlihat prajurit AS berseragam keluar masuk, maupun yang tengah libur plus purnawirawan.

Kenapa Panglima TNI dan rombongan bisa masuk? Tentu saja karena sudah mengantongi rekomendasi dari pihak militer AS. Panglima TNI dan rombongan pun masuk ke dalam mall dengan diantar oleh seorang perwira menengah.

Lalu apa yang spesial dari NEX, tentu saja soal harga. Dijual tanpa pembebanan pajak, maka harganya otomatis jauh di bawah harga di luaran.

“Saya sudah punya rencana membuat mall seperti ini untuk prajurit TNI, sudah lama,” ujar Hadi kepada mylesat.com.

Menurut Marsekal Hadi, ide ini tersimpan di benaknya sejak pertama kali melihat mall sejenis di AS beberapa tahun lalu. Yaitu Base Exchanges (BEX).

Marsekal Hadi melihat-lihat di antara perlengkapan militer yang dijual di NEX. Foto: beny adrian/ mylesat.com

“Saya sudah lama punya rencana, sejak pertama kali melihat BEX di Amerika, pengennya kita punya,” aku Hadi.

Seperti halnya di AS, ide ini pun menurut Marsekal Hadi sepenuhnya untuk memenuhi kebutuhan prajurit TNI.

Pemerintah AS memang mendirikan beberapa pusat perbelanjaan di sejumlah negara bagian untuk mengakomodasi kebutuhan prajuritnya dengan harga miring.

Selain NEX dan BEX juga ada Army & Air Force Exchange Service (AAFES atau The Exchange).

Semoga rencana Panglima TNI ini bisa direalisasikan.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: