Yuk, Intip Tim Matan Motor Panglima TNI yang Tunggangannya BMW R1200GS

Dalam situasi tertentu, kondisi bisa berubah sangat cepat karena ancaman keamanan. Karena tempat dan waktunya yang tidak terduga, para kepala negara, tokoh penting bahkan selebritis, membutuhkan pengawalan yang betul-betul dekat dengan dirinya.

Biasa disebut pengawal pribadi (walpri), mereka adalah orang-orang terlatih untuk bertindak cepat dalam situasi darurat demi memastikan keselamatan tokoh yang dikawalnya.

Di lingkungan TNI, Walpri pun menjadi kelompok elite tersendiri yang bertugas mengawal komandannya. Walpri digunakan secara terbuka hanya di level Kepala Staf Angkatan Staf dan Panglima TNI.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pun demikian. Para walpri yang bertugas menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari seluruh kegiatan Panglima TNI. Baik di dalam maupun di luar negeri.

Panglima TNI melihat BMW R1200GS yang digunakan Tim Matan. Foto: Spri Panglima TNI

Walpri Panglima TNI adalah personel pilihan dari komunitas pasukan khusus TNI. Mereka berasal dari Sat 81 Kopassus, Denjaka Marinir, dan Sat Bravo Paskhas.

Guna lebih meningkatkan keamanan Panglima TNI saat melakukan perjalanan darat khususnya di wilayah Jakarta dan sekitarnya, maka elemen pengamanan pun ditambah dengan penggunaan pengawalan bermotor bersenjata.

Tim pilihan ini dinamakan Tim Matan (Penyelamatan) Motor Panglima TNI.

Setidaknya sejak satu bulan terakhir, personel yang ditunjuk khusus untuk Tim Matan Motor sudah melaksanakan latihan dan familliarisasi di tugas barunya.

Latihan khusus diberikan di Sentul oleh pelatih profesional. Bagaimana tidak, untuk tugasnya ini Tim Matan Motor menunggangi sepeda motor BMW R1200GS yang besar dan gahar.

Salah satu motor idaman para pecinta moge turing dengan berat 203 kg ini memang tidak main-main. Kapasitas mesin 1.200 cc membutuhkan skill khusus untuk handling, apalagi tugas pengamanan.

Dalam kondisi emerjensi, mesin bisa dikebut hingga 210 km per jam.

Besar dan galak. Itulah kesan pertama BMW R 1200 GS. Dimensi bodinya yang jangkung dan menonjol, mengesankan intimidatif dan keras.

Meski BMW menyiapkan fitur untuk memanjakan pengendaranya, namun tetap dibutuhkan tinggi badan minimal 170 cm untuk mengendarainya.

BMW R1200GS dibuat di Berlin oleh BMW Motorrad yang merupakan bagian dari grup BMW. Selain BMW, Tim Matan Motor Panglima TNI juga menggunakan Yamaha FZ1 998 cc.

Sebelum Tim Matan Motor menunaikan tugasnya, pagi ini Jumat (9/11/2018), Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menemui dan meninjau langsung kesiapan tim ini. Peninjauan dilakukan di kediaman Panglima TNI di Lanud Halim Perdanakusuma.

“Motor sudah bagus dan utamakan safety di jalan, kalau ada masalah tolong sampaikan, jangan arogan ya,” pesan Marsekal Hadi kepada Tim Matan.

Tim Matan Motor mendapat pengarahan dari Panglima TNI. Foto: Spri Panglima TNI

Dengan empat moge terbaik di kelasnya, Tim Matan Motor beranggotakan delapan personel. Layaknya tim matan Presiden atau Kapolri, setiap motor diawaki oleh dua personel bersenjata.

Pengawal bermotor bersenjata mulai digunakan sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Tim Matan menjadi bagian yang melekat dalam perjalanan darat presiden setelah insiden pelemparan kendaraan SBY dalam kunjungannya di Papua.

Selamat bertugas.

 

Teks: beny adrian

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: