Apakah Indonesia Tertarik, Rusia Buka Kran Ekspor untuk Jet Tempur Terbarunya Su-57

0

MYLESAT.COM – Indonesia melalui Kementerian Pertahanan, hingga detik ini belum juga merilis hasil akhir pembelian pesawat tempur TNI AU yang sudah menjadi isu nasional setidaknya 4 tahun terakhir. Pilihan awal Sukhoi Su-35, kemudian berembus nama F-16 Viper. Namun tidak ada salahnya juga melirik Su-57 yang dibuat Rusia untuk menghancurkan semua target di udara, darat dan perairan.

Tetap dalam koridor bisnis, Rusia akhirnya menawarkan pesawat generasi kelima Su-57 untuk ekspor. Artinya jika ada negara yang berminat, monggo dibeli.

Pihak Rusia memprediksi, permintaan kemungkinan akan melonjak setelah pesanan Angkatan Bersenjata Rusia dipenuhi, seperti diungkap Direktur Industri kompleks penerbangan Rostec, Anatoly Serdyukov seperti dikutip TASS.

“Tidak mungkin akan ada permintaan signifikan sampai kami mengirimkan cukup mesin di pasukan kami sendiri. Jadi, tujuan utama kami adalah mengirimkannya ke Angkatan Bersenjata Rusia. Sementara kami menawarkan mesin ini kepada pihak asing, kami melakukan kampanye kami,” kata Serdyukov, tanpa menyebut negara mana sebenarnya yang mungkin menjadi pembeli potensial.

Pada Mei 2019, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan dalam sebuah pertemuan bahwa sebanyak 76 pesawat tempur Su-57 akan dibeli Angkatan Bersenjata hingga 2028.

Juru bicara Federal Service on Military-Technical Cooperation Rusia, Maria Vorobyova sebelumnya mengungkapkan, beberapa negara telah mengirimkan aplikasi resmi untuk pembelian Su-57.

Ia menambahkan bahwa masalah promosi sedang dalam pengerjaan. Su-57 dibuat untuk menghancurkan semua jenis target berbasis di udara, darat, dan perairan.

Pesawat ini memiliki kecepatan jelajah supersonik, ruang senjata internal, lapisan penyerap radio, dan peralatan onboard terbaru.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply