Keluar dari OPM, Anggota KKB Pimpinan Purom Wenda Serahkan Diri ke Satgas Yonif Para Raider 305 Kostrad

0

MYLESAT.COM – Angggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Purom Okiman Wenda (POW), Senin (31/8) menyerahkan diri kepada Satgas Pamtas Mobile Yonif Para Raider 305 Kostrad dan diterima langsung oleh Komandan Satgas Mayor Inf Fajar Akhirudin, S.I.P., M.Si.

Penyerahan diri kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) itu dilakukan di Distrik Balingga, Kabupaten Lanny Jaya, Papua.

Acara ditandai dengan penyerahan bendera merah putih dari Dansatgas kepada KKB yang menyerahkan diri, penandatanganan untuk keluar dari OPM dan bergabung dengan NKRI serta pernyataan Ikrar kesetiaan pada NKRI.

Penyerahan diri ini disaksikan Kepala Distrik Balingga, Endias Wenda dan perangkat desa di antaranya Kepala Desa Petrus Aso, Ketua Wilayah Kondes Wanena, Gembala Pendeta Teinus Wenda dan Pendeta Lebanos.

“Pada 31 Agustus 2020 telah dilakukan penyerahan diri empat orang kelompok Militan Purom Okiman Wenda beserta enam simpatisannya kepada Satgas Pamtas Mobile Yonif Para Raider 305 Kostrad di Lany Jaya,” kata Komandan Satgas Yonif Para Raider 305 Kostrad Mayor Inf Fajar Akhirudin dalam rilis tertulisnya di Distrik Balingga, Kabupaten Lanny Jaya, Papua, Selasa (1/9).

Dikatakannya bahwa empat dari 10 orang itu merupakan anggota KKB dan telah masuk dalam daftar pencarian orang.

Mereka adalah Tabenak Wenda, Join Tabuni, Dekin Wenda, dan Bakar Wenda. Sementara enam lainnya merupakan simpatisan KKB yakni Leis Tabuni, Telia Wenda, Kuku Tabuni, Wiro Wenda, Kondis Tabuni, dan Nendiles Wenda.

Mayor Fajar Akhirudin mengatakan bahwa 10 orang itu pernah bergabung dengan KKB pimpinan POW. Mereka telah mengikuti pelatihan militer di Markas OPM Soemalo.

“Kesepuluh orang tersebut juga mengakui bergabung dengan OPM karena diancam POW dan dijanjikan akan memperoleh kehidupan yang lebih baik,” lanjut Dansatgas.

Pada acara penyerahan diri, diserahkan juga barang bukti berupa satu handy talkie, sebuah charger handy talkie dan satu rompi serbu yang pernah digunakan saat tergabung dalam KKB pimpinan POW.

Untuk diketahui, Satgas Yonif Para Raider 305/Tengkorak/17/1 Kostrad memiliki tugas pokok menjaga stabilitas keamanan di wilayah Kabupaten Lanny Jaya Papua. Pasukan ini sebagai bagian dari Koopsgab Pinang Sirih 2 Sektor Baliem.

Sebelumnya Yonif Raider 302 berhasil menurunkan 15 tokoh kelompok Purom Okiman Wenda. Di antaranya Dangier Tabuni alias Yeri Maluk, Demiason alias Bursalek, Terenggak tabuni, Kulomabuk Wenda, Delikin Wenda, Dekiles Tabuni, Tumiron Wenda, Tumiles Wenda, Dekiren Tabuni, Vandem Wonda, Yuborak Telenggen, Delis Tabuni, Ibetius Tabuni, Neton Wendac alias Yali Mili Wenda, dan Bininggalok Wenda.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply