Nyaru Sebagai Pesawat Malaysia, Pesawat Intel AS Rivet Joint Ketahuan Saat Dekati Ruang Udara China

0

MYLESAT.COM – Saling intip dan cari celah, begitulah saat ini aksi militer yang dilakukan Amerika Serikat dan China. Mungkin masih prematur, sehingga mudah terdeteksi.

Seperti Selasa (8/9), sebuah pesawat mata-mata Angkatan Udara AS yang diidentifikasi Beijing sebagai RC-135W Rivet Joint, terlihat menyamar sebagai pesawat Malaysia saat berpatroli secara intensif antara Pulau Hainan China dan Kepulauan Paracel, yang diklaim juga oleh Beijing.

Manuver berbahaya ini tentu saja berisiko membingungkan pesawat sipil dan militer, yang di masa lalu telah mengakibatkan ditembak jatuhnya pesawat sipil.

Menurut South China Sea Probing Initiative (SCSPI), sebuah wadah pemikir China yang terhubung ke Universitas Peking seperti dikutip sputniknews.com, pesawat mata-mata Angkatan Udara AS RC-135W terlihat meninggalkan Pangkalan Angkatan Udara Kadena di Okinawa, Jepang, pada Selasa.

Namun secara misterius pesawat ini digantikan oleh apa yang tampak seperti pesawat Malaysia di atas Laut China Selatan.

Setelah pesawat ‘Malaysia’ ini melintasi Laut China Selatan, kemudian berpatroli secara intensif di perairan internasional antara Pulau Hainan dan Kepulauan Paracel, yang terakhir ini AS telah menantang klaim kedaulatan Beijing.

SCSPI mencatat RC-135W lain melakukan manuver yang sama beberapa hari sebelumnya.Pesawat menyiarkan identitas hex code ICAO yang tidak masuk akal saat berpatroli di Laut China Selatan, tetapi beralih kembali setelah memasuki Laut Filipina.

Kode hex pesawat yang didaftarkan di ICAO sangat jarang berubah. Kode ini mengidentifikasi pesawat saat mengudara, memberi tahu pesawat lain serta kontrol darat tentang keberadaannya.

Pesawat militer yang terlibat dalam patroli tempur biasanya tidak menyiarkan sinyal ini karena alasan yang jelas. Transponder berfungsi sebagai landasan keselamatan penerbangan sipil, untuk mencegah tabrakan serta kesalahan identifikasi.

Media berbasis di Rusia ini mencatat bahwa upaya memalsukan identitas ini sudah sering dilakukan pesawat mata-mata AS seperti RC-135W Rivet Joint.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply