Penampakan Selintas Heli S-70 Black Hawk Spesialis Pemadam Kebakaran di Pekanbaru

0

MYLESAT.COM – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) telah menjadi bencana nasional yang terjadi rutin hampir setiap tahunnya. Karena itu pemerintah melalui BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) pun melakukan berbagai upaya termasuk menyewa sejumlah helikopter berkemampuan water bomber.

Secara tidak sengaja saat mau meninggalkan Lanud Roesmin Nurjadin di Pekanbaru beberapa hari yang lalu, mylesat.com melihat helikopter S-70 Black Hawk di antara sejumlah helikopter registrasi asing yang disewa BNPB.

Sejak lama, helikopter misi Karhutla ini memang ditempatkan di kawasan Lanud Roesmin Nurjadin, yang berseberangan dengan Bandara Sultan Syarif Kasim II.

Karena melihatnya dari dalam pesawat B737 TNI AU yang akan kembali ke Jakarta, tidak terlalu jelas identitas heli ini. Hanya terlihat di tail boom nomor registrasi N-563…., yang berarti heli ini terdaftar di Amerika Serikat.

Karena disewa BNPB untuk misi Karhutla, boleh jadi heli ini berasal dari varian S-70C Firehawk, yaitu versi sipil yang spesial untuk misi water-bombing.

Selain S-70C ini, terlihat juga Sikorsky S-61 dengan reigstrasi N5193… dan S-61N registrasi C-FIZA yang terdaftar atas nama Helicopteres Helicarrier Inc, Quebec, Canada.

Termasuk juga tampak Kamov Ka-32A1 varian khusus pemadaman kebakaran dan dilengkapi helicopter bucket.

Karena kebakaran hutan terus terjadi di Indonesia khususnya di wilayah Sumatera dan Kalimantan, KSAU (saat itu) Marsekal TNI Yuyu Sutisna pernah menyampaikan pembelian enam pesawat amfibi spesialis pemadam kebakaran Canadair CL-415 dari Kanada.

Kepastian itu disampaikan KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna kepada para pemimpin redaksi media nasional di ruang VIP Lanud Adi Sucipto, Yogyakarta, Selasa (19/3/2019).

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply