6 Hari 6 Malam Berjalan, Satgas Yonif Mekanis 413 Bremoro Kostrad Pastikan Patok Batas Negara Aman

0

MYLESAT.COM – Pernahkah kita berpikir batas negara kita, yang dengan tiga negara hanya ditandai dengan pondasi patok. Sewaktu-waktu patok ini bisa digeser atau dihilangkan dengan sengaja. Itu sebabnya TNI rutin menggelar Operasi Patok guna memastikan keberadaan batas negara ini.

Operasi Patok yang baru saja dilaksanakan adalah oleh Satgas Pamtas RI – Papua New Guinea dari Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Pos Mosso pimpinan Letda Inf Hanura di Papua.

Dalam operasi ini, tim kecil Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad ini berhasil selesai melaksanakan patroli di wilayah perbatasan di Patok MM 2.1.

Menurut Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto S.H., M.Han dalam rilis tertulisnya di Distrik Muara Tami Kota Jayapura, Minggu (13/9), operasi ini digelar untuk menjamin keamanan perbatasan antara Indonesia dan Papua New Guinea.

“Kita pastikan Patok batas MM 2.1 aman dan letkanya sesuai koordinat yang telah disepakati kedua negara,” ujar Mayor Anggun.

Karena posisinya yang sulit di tengah hutan, tidak mudah bagi anggota Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad  untuk mencapai patok ini.

Dibutuhkan stamina yang kuat dan daya juang yang tinggi, karena harus menempuh perjalanan selama enam hari enam malam. Padahal jaraknya tidak terlalu jauh, hanya 25 kilometer dari Pos Satgas Mosso dengan patok batas MM 2.1. Rutenya disebutkan terjal dan curam.

Kondisi ini membuat tim patroli diwajibkan membawa bekal pokok sejumlah waktu yang mereka tempuh.

“Kami menggelar tenda saat malam tiba dengan tetap meningkatkan kewaspadaan, menjelang pagi kami lanjutkan perjalanan menuju patok batas, tentunya perjalanan itu sangat berkesan bagi kami,” ungkap Letda Inf Hanura selaku pimpinan tim patroli.

Sesuai tugas pokoknya, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad bertanggungjawab atas stabilitas keamanan di wilayah perbatasan RI-PNG, terkhusus menjamin letak patok batas negara tidak bergeser dan sesuai koordinat yang telah disepakati kedua negara.

Share.

About Author

Leave A Reply