19 Pesawat Militer China Dekati ADIZ Taiwan, Sistem Rudal Hanud Langsung Aktif

0

MYLESAT.COM – Taiwan mendeteksi sejumlah jet tempur dan pesawat pembom China melintasi garis tengah Selat Taiwan dan memasuki zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) barat daya Taiwan. Peristiwa yang terjadi pada 18 Agustus itu disampaikan Kementerian Pertahanan Nasional (MND) Taiwan sehari kemudian.

Menurut MND, pesawat militer Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA) termasuk 12 jet tempur J-16, dua pesawat tempur J-10, dua pesawat tempur J-11, dua pembom H-6 dan satu pesawat antikapal selam Y-8 pesawat.

Menyusul pelanggaran tersebut, Angkatan Udara Taiwan mengerahkan jet tempur, dan mengaktifkan sistem rudal pertahanan udara untuk memantau aktivitas pesawat China.

“PLA melewati garis median Selat Taiwan lagi hari ini, sangat melanggar kedaulatan kami dan membuat perdamaian regional tidak stabil. MND mengutuk keras dan mendesak China untuk menahan diri dan tidak menjadi pembuat onar di kawasan Indo-Pasifik,” bunyi pernyataan MND.

Perkembangan ini terjadi di tengah kunjungan seorang pejabat tinggi Amerika Serikat ke Taiwan untuk kedua kalinya dalam dua bulan.

Keith Krach, Wakil Menteri Luar Negeri AS untuk Pertumbuhan Ekonomi, Energi, dan Lingkungan, tiba di Taiwan pada Kamis malam.

Beberapa hari terakhir terlihat banyak aktivitas pesawat militer China ke sisi Selat Taiwan.

Taiwan juga menyampaikan bahwa pada 16 September, dua pesawat Y-8 China dilaporkan memasuki ADIZ barat daya Taiwan.

Share.

About Author

Leave A Reply