Pesawat Jatuh: MiG-21UM Fishbed Serbia Dilaporkan Jatuh, Kedua Penerbang Tewas

0

MYLESAT.COM – Jumat (25/9) rupanya menjadi hari kelabu bagi dunia penerbangan. Setidaknya dua kecelakaan pesawat telah terjadi di wilayah Eropa timur. Yaitu An-26 di Ukraina dan MiG-21UM Fishbed di Serbia.

Pesawat tempur uzur yang juga pernah dioperasikan TNI AU ini, jatuh di bagian barat Serbia dekat perbatasan negara dengan Bosnia. Jatuhnya MiG-21 ini menewaskan kedua awaknya.

Menurut Kementerian Pertahanan Serbia, pesawat tengah melaksanakan misi rutin saat kecelakaan terjadi sekitar 9.10 pagi waktu setempat. Pesawat dilaporkan jatuh di dekat kampung Brasina.

Menurut laporan lokal, pesawat jatuh ke halaman sebuah rumah di sebuah desa dan melukai seorang warga. Tidak ada detail lain dilaporkan.

Pesawat MiG-21UM yang jatuh dilaporkan menjadi satu-satunya MiG-21 yangmasih aktif dalam jajaran Angkatan Udara Serbia.

Meksi usia mungkin menjadi penyebab rentannya potensi kecelakaan, namun AU Serbia memastikan bahwa MiG-21 sudah menjalani pemeriksaan sesuai prosedur sebelum lepas landas.

Menurut informasi, sekitar 60 negara pernah mengoperasikan penempur canggih ini di zamannya.

MiG-21 Fishbed dengan total produksi hingga 1.133 unit ini membukukan sejumlah rekor.

Yaitu menjadi pesawat supersonik paling banyak diproduksi dalam sejarah penerbangan, pesawat tempur paling banyak diproduksi sejak Perang Korea, dan produksi pesawat tempur terlama setelah kemudian dilampaui oleh McDonnell Douglas F-15 Eagle dan General Dynamics F-16 Fighting Falcon.

Share.

About Author

Leave A Reply