Perancis Tambah Pesanan untuk 3 Pesawat Airbus A330, Nanti Akan Diubah Jadi MRTT

0

MYLESAT.COM – Badan pengadaan pertahanan Perancis, DGA (Direction générale de l’armement), telah melayangkan pesanan untuk tiga pesawat Airbus A330 tambahan bulan lalu. Pengadaan tiga pesawat baru tersebut awalnya diumumkan pada 9 Juni sebagai bagian dari rencana pemerintah mendukung industri dirgantara di tengah krisis Covid-19.

Kontrak ini disebutkan bernilai 200 juta euro. Dua pesawat pertama akan dikirim pada akhir 2020 dan yang ketiga pada 2022.

Ketiga A330 ini nantinya akan diubah menjadi pesawat militer MRTT (Multi-Role Tanker Transport) Phénix. Yaitu sebagai pesawat tanker untuk melakukan pengisian bahan bakar di udara.

Pesawat akan bergabung dengan 12 MRTT yang diharapkan pada tahun 2023, menjadikan armada MRTT Angkatan Udara Perancis menjadi 15 pesawat, sesuai tujuan akhir yang ditetapkan dalam Undang-Undang Pemrograman Militer (LPM).

Pesanan ini akan memungkinkan untuk mengantisipasi penarikan dari operasi dua pesawat Airbus A340 dan dua A310 Angkatan Udara. Pada akhirnya akan menyederhanakan pengelolaan armada pesawat militer strategis ini berdasarkan model MRTT Phénix.

Share.

About Author

Leave A Reply