Pesan 16 Unit, Pesawat Pertama Spesialis SAR Airbus CC-295 Kingfisher Mendarat di Kanada

0

MYLESAT.COM – Kanada membeli pesawat berkemampuan SAR (search and rescue) dari Airbus. Pilihan jatuh kepada varian CC-295 Kingfisher yang akan dioperasikan oleh Angkatan Udara Kanada (RCAF).

CC-295 Kingfisher adalah varian dari pesawat Airbus C-295 yang juga dioperasikan TNI AU. Pesawat yang dioperasikan oleh 19 Wing, Canadian Forces Base Comox, di British Columbia, Kanada ini telah tiba di Kanada pada 17 September lalu.

Baca Juga:

Menurut pernyataan pabrikan Airbus, CC-295 mendarat pada markas 19 Wing 17 September 2020.

Pesawat ini didesain khusus untuk memenughi pesanan militer Kanada untuk misi SAR.

“Dedikasi tanpa pamrih dari para penerbang kami dan unit SAR yang mereka berikan kepada warga Kanada, memberikan penghargaan besar bagi Angkatan Udara Kanada dan Angkatan Bersenjata Kanada. Transisi ke armada pencarian dan penyelamatan sayap tetap yang baru adalah kesempatan yang luar biasa bagi kami dan yang kami ambil dengan tekad dan kebanggaan,” kata Letjen Al Meinzinger, Komandan Angkatan Udara Kerajaan Kanada.

Airbus merayakan pengiriman pesawat pertama pesanan Kanada ini di tengah pandemi Covid-19. Kanada memesan 16 pesawat CC-295.

Nama Kingfisher dipilih setelah menyisihkan nama-nama lain yang dinominasikan. Yaitu Canso II, Guardian, Iris, dan Turnstone.

Kingfisher adalah burung kecil berparuh panjang yang dikenal sangat piawai dalam menangkap ikan. Burung ini dikenal sebagai master of the dive karena kecepatan dan kelincahannya serta keterampilannya dalam pencarian dan berburu.

Burung ini bisa ditemukan di seluruh kawasan Kanada.

CC-295 adalah pesawat pertama dari 16 pesawat yang dikontrak dengan Airbus pada Desember 2016 di bawah proyek Fixed Wing Search and Rescue Aircraft Replacement (FWSAR) RCAF. Kontrak mencakup juga semua elemen dukungan, pelatihan dan teknik, pembangunan pusat pelatihan baru di Comox, British Columbia serta layanan pemeliharaan.

Airbus secara resmi telah mengirimkan tiga pesawat hingga saat ini, yang kedua dijadwalkan tiba dalam beberapa minggu mendatang. Pengiriman akan berlanjut hingga 2022.

Pesawat Airbus CC-295 dilengkapi sensor terintegrasi yang memungkinkan awak menemukan orang atau objek dari jarak lebih dari 40 kilometer, bahkan dalam kondisi cahaya redup.

Sistem komunikasinya akan meningkatkan interoperabilitas dengan aset pencarian dan penyelamatan lainnya seperti CH-149 Cormorant.

Setelah datang semuanya 16 pesawat, akan menggantikan armada CC-115 Buffalo dan CC-130H Hercules dalam misi SAR di empat lokasi di seluruh Kanada.

Pesawat pertama akan tetap di 19 Wing Comox sementara RCAF menyelesaikan pelatihan awak pesawat, diikuti pengujian operasional.

Selama masa transisi misi SAR tetap dilaksanakan oleh helikopter CH-149 dan CH-146 Griffon.

Untuk pembelian 16 unit CC-295 ini, Kanada memberikan kontrak 2,4 miliar dolar AS kepada Airbus Defense and Space pada 1 Desember 2016.

Pesawat pertama nomor ekor 501, secara resmi diterima Kanada di Spanyol pada 18 Desember 2019, dan sekarang telah dikirim ke Comox.

Share.

About Author

Leave A Reply