Tri Bawono Nugroho, Taruna AAU yang Tengah Menempuh Pendidikan di USAFA Colorado, AS

0

MYLESAT.COM – Tri Bawono Nugroho adalah satu dari tiga taruna Akademi TNI yang diterima untuk menempuh pendidikan di Akademi Militer Amerika Serikat. KSAU Marsekal TNI Fadjr Prasetyo menyempatkan untuk bertemu taruna bertubuh tinggi ini dalam kunjungannya di Akademi Angkatan Udara Amerika Serikat (United State Air Force Academy, USAFA) di Colorado (17/5/2022).

Baca Juga:

Kopral Tri Bawono Nugroho menjadi perwakilan dari Akademi Angkatan Udara (AAU), bersama dua rekannya dari Akademi Angkatan Laut (AAL). Keduanya adalah Kopral Taruna (Mar) Febiarta Suryana dan Kopral Taruna (Lek) Juandito Cahyo Nugroho.

Ketiganya telah menempuh seleksi sejak awal tahun 2021 dan memulai pendidikan di AS pada tahun yang sama. Seleksi dilaksanakan dari Magelang hingga Jakarta.

KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mendengarkan penjelasan Tri Bawono Nugroho yang saat ini menjadi taruna di USAFA. Foto: Dispenau

Saat ini Tri Bawono Nugroho sudah menjalani satu tahun pendidikan di USAFA, Colorado Springs, Colorado, Amerika Serikat.

Sebelum mengikuti pendidikan di USAFA, Tri Bawono yang berdarah Minang ini telah menjalani Basic Cadet Training (BCT) selama enam minggu. Pendidikan di USAFA akan dijalani Tri Bawono selama empat tahun hingga 2025.

Keberhasilan diplomasi

Pendidikan yang dijalani ketiga taruna Akademi TNI ini di AS, merupakan buah dari diplomasi yang dilakukan Kementerian Pertahanan dengan AS. Indonesia diizinkan mengirimkan tiga taruna akademi militer ke akademi militer Amerika Serikat dengan beasiswa penuh dari pemerintah AS.

Beasiswa ini disebutkan sebagai kesempatan pertama dalam sejarah diplomasi pertahanan Indonesia dan AS. Beasiswa ini berawal dari pertemuan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menhan AS, Mark T. Esper pada Oktober 2020 yang dilanjutkan kesepakatan antara Prabowo dengan Pelaksana Menhan AS, Christopher C. Miller di Kemhan, Jakarta pada Desember 2020.

Saat itu Prabowo meminta agar ada taruna Indonesia mendapatkan beasiswa penuh dari AS untuk belajar di West Point (Akademi AD), USNA (Akademi AL), dan USAFA (Akademi AU).

Selain itu, TNI juga mengirim taruna Akmil untuk belajar di Australia dengan beasiswa di Royal Military College, Canberra.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply