Panglima TNI Ngopi Bareng Tokoh Lintas Agama dan Pemred di KRI Bima Suci 945

0

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto didampingi KSAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna,  dan Wakil KSAD Letjen TNI Tatang Sulaiman, melaksanakan Joy Sailing dan Ngopi Bareng tokoh lintas agama dan pemimpin redaksi media menggunakan KRI Bima Suci 945 dari Dermaga JICT II Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (24/1/2019).

Panglima TNI menyampaikan bahwa Joy Sailing dan Ngopi Bareng merupakan ajang silaturahmi dengan sejumlah tokoh lintas agama dan pemred media.

“Saya dari Mabes TNI dan seluruh jajaran TNI ingin bersilaturahmi sekaligus memamerkan alusista TNI yang digunakan untuk pendidikan kadet TNI AL yaitu KRI Bima Suci 945 yang baru menggantikan KRI Dewa Ruci yang sangat legendaris,” ujar Hadi.

Menurut Hadi, paling penting dari Joy Sailing dan Ngopi Bareng adalah dapat bersilaturahmi, karena dari situ akan ada pengalaman baru tentang kelautan. “Menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia  adalah tanggungjawab kita semua, karena dari laut kita melihat daratan untuk kejayaan negeri ini,” katanya.

Panglima TNI menjelaskan bahwa Joy Sailing dan Ngopi Bareng yang dikemas dalam pelayaran kebangsaan diharapkan dapat memberi kesan tersendiri tentang pentingnya menjaga NKRI.

“Pelayaran kebangsaan ini memberikan kesan agar kita sama-sama menjaga silaturahmi yang telah kita jalin selama ini sejak kemerdekaan sampai akhir nanti,” pungkasnya.

Selama Joy Sailing di sekitar perairan Teluk Jakarta, KRI Bima Suci mendapat pengawalan dari beberapa KRI seperti KRI Teuku Umar 385, KAL Yudhistira, KRI Sultan Thaha Syaifuddin 376, KRI Tenggiri 865 dan sea rider Kopaska Koarmada I.

Tokoh lintas agama yang ikut dalam acara tersebut antara lain Ketua PBNU Dr. KH Masyudi Suhud,  Ketua ICMI Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, Sekjen PP Muhammadiyah Dr. H. Abdul Mu’thi, Sekjen IKADI Jakarta Dr. KH Ahmad Kuyairi Suhail, Rektor UIN Syarif Hidayatullah Prof. Dr. Amani Amany Burhanudin Lubis, Ketua Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, Ketua Walubi Hartati Murdaya, Sekretaris Umum PGI Pdt Gomar Gultom, Ketua BPP Sinode GBI Pdt. Soehandoko Wirhaspati,  Ketua Umum Lembaga Misi Penginjilan Lintas Budaya Indonesia Pdt. Dr. Robby Dareho, Rektor STF Diryarkara RD Dr. Simon Lili Tjahyadi dan  Guru Besar STF Diryarkara Romo Prof. Dr. Franz Magnissuseno. 

Teks: Puspen TNI/ beny adrian

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply